FOO adalah seseorang yang
melaksanakan tugas sebagai operasi kontrol penerbangan secara garis besar
fungsi FOO dapat di bagi menjadi tiga yaitu: Flight Dispatch, Operation
Controller dan Flight Following. Untuk lebih jelasnya fungsi ini di mulai dari
persiapan sebelum penerbangan seperti menghitung performance pesawat untuk
menentukan batasan berat pada saat tinggal landas maupun pada saat mendarat;
menghitung kesetimbangan pesawat agar pesawat tetap setimbang (menghitung
Central of Grafity ) dan mendapatkan pembakaran bahan bakar (fuel) yang paling
ekonomis; menganalisa cuaca di stasiun keberangkatan, alternate dan kedatangan
untuk memastikan cuaca di seluruh stasiun di atas kondisi cuaca yang
distandardkan oleh badan yang berwenang (weather above minima); menganalisa
Notice to Airman (NOTAM) untuk memastikan kondisi seluruh stasiun dan sepanjang
jalan penerbangan (en-route) tidak ada yang significan mempengaruhi operasi
penerbangan; merencanakan rute penerbangan, ketinggian, stasiun alaternate,
berat pesawat, bahan bakar dan lain-lain berdasarkan analisa diatas; melakukan
briefing ke pilot sebelum penerbangan dilaksanakan; bersama-sama pilot
menandatangani dispach release sebagai tanda bahwa rencana penerbangan sudah aman
(safe), ekonomis , nyawan buat penumpang dan di sepakati kedua belah pihak
(mutual agreement) sebelum penerbangan di laksanakan; setelah pesawat mengudara
FOO juga memantau penerbangan untuk memberikan bantuan ke pilot jika di
perlukan serta memberikan informasi perkembangan cuaca atau informasi penting
lainnya yang berhubungan dengan penerbangan itu, pematauan ini dilakukan terus
menerus sampai pesawat mendarat dan misi penerbangan dianggap selesai; setelah
pesawat mendarat FOO akan melakukan De-briefing dengan Pilot untuk mendapatkan
informasi penting sepanjang penerbangan sehingga bisa digunakan sebagai sumber
data untuk perencanaan penerbangan berikutnya. Untuk menjalankan tugasnya
seorang FOO harus mempunyai sertifikat tanda kecakapan (license) yang di
keluarkan oleh Direktorat Sertifikasi Kelaikan Udara (DSKU) dan diatur dalam
Peraturan Keselamatan Penerbangan (CASR) 121.
Persyaratan
Umum
Untuk bisa menjadi seorang FOO menurut CASR ada
beberapa sarat yang mesti di penuhi:
- Umur pada saat akan menjadi siswa FOO harus 21 tahun , Apabila belum mencapai 21 tahun tetap bisa mengikuti ground school dan license diambil setelah memasuki umur 21 tahun.
- Lulus tes kesehatan (medical examination)
Persyaratan
Pengetahuan
Seorang calon FOO harus lulus tes pengetahuan antara
lain:
- Air Law dan Rule & Regulation
- Meteorology
- Mengetahui cara untuk mengumpulkan, menyebarkan, menafsirkan dan menggunakan informasi cuaca dan NOTAM
- Mengetahui cara menginterprestasi dan menggunakan Weather charts, maps, forecast, sequence reports, abbreviations, and symbols, Fungsi dari National Weather Service
- Priciples of air navigation
- Air Traffic Services
- Search & Rescue
- Aeronautical Information Services
- Aerodrome
- Aeroplane Instrument
- Radio aids to air navigation
- Aerodynamics
- Weight and Balance
- Dangerous Goods
- Aviation Security
- Flight Performance calculation
- Human Factor (DRM)
- Operational Procedures
- Emergency Procedures
Persyaratan Kecakapan
Seorang calon FOO harus dapat menunjukan kecakapannya
antara lain:
- Membuat suatu analisa cuaca secara operasional yang bisa diterima dan akurat dari laporan harian cuaca dan peta cuaca yang dilaporkan oleh MET Office; melakukan suatu pengarahan singkat kondisi cuaca yang berlaku di sekitar rute yang di lalui; meramalkan kecenderungan cuaca yang berkaitan dengan penerbangan itu serta memastikan lebih tinggi dari acuan tertentu di airport tujuan maupun alternate.
- Menentukan jalur penerbangan yang optimum untuk segmen tertentu dan menyusun manual dan/ atau computer flight plan yang akurat.
- Melakukan pengawasan operasi dan memberikan bantuan ketika penerbangan menghadapi cuaca buruk baik pada saat operasi penerbangan di laksanakan atau pada saat simulasi perencanaan penerbangan sesuai dengan tugas-tugas pemegang FOO License.
Untuk menjaga kecapannya seorang pemegang FOO License
harus melakukan Recurrent dan Proficiency Check; Route Familiarization Flight;
Dangerous Good; Aviation Security; Medical Examination dan Dispatch Resource
Management setiap 12 bulan sekali;
Peran FOO Sangat Strategis
Di tinjau dari fungsi diatas peran FOO sangat
strategis di bisnis penerbangan karena FOO yang professional akan melakukan
tugas dan mengembangkan kemampuannya untuk melakukan trobosan dalam rangka
penghematan biaya operasional seperti:
- membuat rute yang paling pendek
- menentukan alternate yang tidak terlalu jauh dari tujuan (The nearest alternate)
- menentukan C of G yang tepat sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar
- Merencanakan penerbangan Extended Twin Engine Operation (ETOPs) sehingga penerbangan yang seharusnya melintas beberapa airport sehingga jarak tempuhnya jauh bisa di persingkat.
- Merencanakan penerbangan dengan re-dispatch model yang bertujuan mengurangi bahan bakar untuk menaikkan muatan yang mengahasilkan uang (payload) secara aman dan sesuai dengan peraturan
- Memastikan ketepatan operasi penerbangan/ Ontime Performance (OTP)
- Memastikan rencana operasi penerbangan bisa dijalankan secara aman dan ekonomis
Dengan mempertimbangkan begitu strategisnya fungsi FOO
dan besarnya biaya yang harus di keluarkan untuk menjadikan seseorang menjadi
FOO yang profesional beberapa perusahaan penerbangan mempersyaratkan kepala
station harus memegang FOO license yang valid.
Dari rekomendasi praktis beberapa badan dunia, fungsi
FOO harus di atur secara sistmatis dan selalu di audit baik dokumentasi dari
aturan itu maupun implementasinya dan hal ini pula yang menyebabkan profesi FOO
diakui di dunia bahkan ada forum internasionalnya yang didirikan sejak tahun
1961 yaitu International Federation of
Airline Dispatchers Association (IFALDA http://www.ifalda.com)
yang merupakan forum international bagi Aircraft Dispatcher/ Flight Operations
Officer dimana anggotanya hampir ada di seluruh dunia.
Untuk itu profesi FOO patut dipertimbangkan untuk di
jadikan pilihan profesi mengingat sangat strategisnya fungsi ini dan
memungkinkan bisa kerja di luar negeri.
Sumber :
http://dirjafu.blogspot.com/2012/01/apa-itu-flight-operation-officer-foo.html
0 komentar:
Posting Komentar